Sistem Informasi Manajemen 1
1. Uraian singkat dari definisi
informasi yang Anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi
suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya. Sebut dan jelaskan hal
tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut?
Informasi adalah data yang telah
diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti bagi penerimanya dan
merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan , keputusan
sekarang atau nantinya. ( Gordon B Davis)
Informasi adalah penerangan,
keterangan, pemberitahuan, kabar berita. Informasi juga merupakan keterangan
atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian, analisis dan kesimpulan. (
Anton M Moeliono)
Perusahaan PT. INDOFOOD
·
Kebutuhan Informasi yang mendasar untuk
mengelola manajemen pada PT. INDOFOOD adalah:
1)
Indentifikasi permintaan konsumen
2) Pengaturan
Keuangan dan Akuntansi yang baik
3) Pengaturan
Sistem Manjemen yang baik
4) Perencanaan
Kegiatan Organisasi dan Manajemen yang Memadai
5) Pendistribusian
Barang/Jasa beserta Kendala dan Tempat
·
Tujuan promosi :
1) Menyebarkan
informasi produk kepada target pasar potensial
2) Untuk
mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3) Untuk
mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4) Untuk
menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi persaingan pasar
5) Membedakan
serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6) Membentuk
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang di inginkan
·
Tujuan trnsaksional system pemasaran
dalam strategi pemasaran adalah :
1) Tingkat
konsumsi masyarakat yang maksimum
2)
Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum
3)
Tingkat pilihan konsumen yang maksimum
4)
Kualitas hidup konsumen yang maksimum
2. Sebut dan jelaskan 5 bentuk sumber yang
di kelola oleh seorang manajemen?
1)
Manusia, berperan penting dalam proses
pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi
yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu
perusahaan atau instansi tertentu.
2) Material,
merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan
barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun
perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
3)
Mesin, merupakan salah satu sumber
penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa
menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan
transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan
dalam sebuah perusahaan.
4)
Uang, merupakan Modal yang sangat
penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang
diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
5)
Informasi, merupakan data data yang
perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk
perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang
dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian
barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.
3. Elemen lingkungan adalah organisasi
atau individu yang berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung
atau tidak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen
lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang
menggunakan transmisi elektronik?
1)
Perusahaan dan Pemerintah, Data yang
dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data
Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada
perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data Jumlah Karyawan,
dan Data Kebijakan Pemerintah.
2)
Perusahaan dan Masyarakat Keuangan, Data
yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat
Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat
Keuangan pada Pemerintah, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data
Legalitas Perusahaan,Data Keuangan Perusahaan, Data Penjualan, Data
Produksi.
3)
Perusahaan dan Pemasok, Data yang
dibutuhkan Perusahaan pada Pemasok, antara lain : Data Daftar Barang, Data
Produksi, Data Harga Jual, Data Keluar Masuk Barang, Data Kualitas Barang.
Sedangkan data yang dibutuhkan Pemasok pada Perusahaan, antara lain : Data
Profil Perusahaan, Data Pembelian Barang, dan Data Keuangan.
4)
Perusahaan dan Pelanggan, Data yang
dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan,
Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan.
Sedangkan data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data
Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk.
5)
Perusahaan dan Serikat Buruh, Data yang
dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan
Serikat Buruh dan Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang
dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja,
Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan.
6)
Perusahaan dan Pemegang Saham / Pemilik,
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham / Pemilik, antara lain :
Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data
yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara lain : Data
Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data
Profil Perusahaan.
7)
Perusahaan dengan Masyarakat Global (
Bisnis , Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat Global, antara lain :
Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan Data Perjanjian
Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global pada Perusahaan,
antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data Administrasi,
Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan.
8)
Perusahaan dan Pesaing, Data yang
dibutuhkan Perusahaan pada Pesaing, antara lain : Data Penjualan Pesaing, Data
Sumber daya Manusia Pesaing, Data Sumber Daya Sistim pesaing dan Data Informasi
Dari Customer tentang Pesaing. Sedangkan yang dibutuhkan Pesaing pada
Perusahaan, antara lain : Data Profil, Data SDS, Data SDM.
Sumber :
Comments
Post a Comment