Sistem Informasi Manajemen 1 Minggu Keempat
1. Sebutkan dan jelaskan Properti
Sistem yang memberikan Keamanan untuk sebuah system !
Jawab
:
Ada beberapa pelayanan dari keamanan system :
a.
Privacy / confidentiality;
Proteksi data [pribadi] yang senstif:
Nama, ttl, agama, hobby, penyakit yang pernah
diderita, status perkawinan.
Data pelanggan;
Sangat sensitif dalam e-commerce, dan healthcare
Serangan : sniffer.
b.
Integrity;
Informasi tidak berubah tanpa izin (tampered,
altered, modified)
Serangan : spoof, virus, trojan horse
c.
Authentication;
Menyakinkan keaslian data, sumber data, orang yang
mengakses data, server yang digunakan. Dfasilitasi dengan penggunaan digital signature, biometrics;
Serangan : password palsu.
d.
Availability;
Informasi harus dapat tersedia ketika dibutuhkan
Serangan : Denial of service (DoS) attack, dalam
bentuk antara lain Server dibuat
hang, down, atau crash.
e.
Non-repudiation;
Tidak dapat menyangkal (telah melakukan transaksi) :
o
Menggunakan
digital signature
o
Perlu pengaturan
masalaha hukum
f. Access control.
Mekanisme untuk mengatur siapa boleh melakukan apa :
o Biasanya menggunakan password
o Adanya kelas / klasifikasi
2. Komputer yang
ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada
komputer yang ada didalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan Area control untuk
komunikasi data !
Jawab :
Komunikasi
Data (Data Communication)
Komputer
yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar
dari pada komputer yang ada didalam suatu ruangan.
Area
kontrol ini terdiri dari:
o
Kontrol pengiriman pesan.
o
Kontrol saluran (channel) komunikasi.
o
Kontrol penerimaan pesan.
o
Rencana pengamanan datacom secara
menyeluruh
3.
Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan
pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses
akan menghasilkan prototype (prototyping), Sebut dan Jelaskan jenis – jenis
prototype !
Jawab :
Prototyping adalah
salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada
konsep model bekerja. Prototyping adalah bentuk dasar atau model awal
dari suatu sistem atau bagian dari suatu sistem.Prototyping adalah proses pengembangan model awal
tersebut untuk digunakan terlebih dahulu dan ditingkatkan terus menerus sampai
didapatkan sistem yang utuh, artinya sistem akan dikembangkan lebih cepat
daripada metode tradisional dan biayanya menjadi lebih rendah. Tujuan dari Prototyping ialah untuk memperkecil resiko
rekayasa-ulang proses bisnis. Bila tidak mungkin dibuat prototipe-nya, maka
dengan inovasi bertahap, sedemikian rupa sehingga manajemen dapat memimpin
melalui serangkaian perubahan yang layak. Prototype dapat memberikan ide
bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk
lengkapnya.
Terdapat
dua macam prototype, yaitu:
1)
Prototype yang akan dikembangkan menjadi
system operasional, bentuk ini sering disebut sebagaievolutionary protoyipe.
2)
Prototype yang hanya akan menjadi cetak
biru (blue print) dari system yang dikembangkan, bentuk ini sering disebut
sebagai throwaway prototype.
Manfaat digunakannya prototype adalah membuat pengembang sistem dan
pemakai mempunyai ide tentang bagaimana bentuk akhir dari sistem akan bekerja.
Adapun kegiatan menghasilkan prototypedisebut
juga dengan prototyping.
4.
Sebut dan Jelaskan sumber daya informasi perusahaan
!
Jawab :
Jenis – jenis
sumber daya informasi perusahaan :
1)
Hardware : Perangkat
Keras ( Hardware ) dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer
yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik.
2)
Software : Perangkat lunak atau piranti
lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara
pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai
'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk
diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
3)
Spesialis Informasi : Perusahaan-perusahaan
yang menggunakan komputer menyadari perlunya membentuk unit-unit organisasional
tersendiri yang terdiri dari para spesialis yang bertanggung jawab menerapkan
sistem. Para spesialis informasi (information specialist) adalah pegawai
perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara
sistem berbasis komputer.
4) Pemakai : Pemakai terdiri dari pemakai awam (end
user) dan administrator system.
End-user : pemakai awam/umum yang hanya dapat mengoperasikan.
Administrator Sistem : Sistem administrator itu adalah Orang yang menjaga proses berjalannya sistem mencangkup tugas sehari-hari seperti proses backup, mengganti perangkat komputer dan tugas lainnya.
End-user : pemakai awam/umum yang hanya dapat mengoperasikan.
Administrator Sistem : Sistem administrator itu adalah Orang yang menjaga proses berjalannya sistem mencangkup tugas sehari-hari seperti proses backup, mengganti perangkat komputer dan tugas lainnya.
5) Fasilitas : Fasilitas adalah prasarana atau wahana
untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Fasilitas bisa pula dianggap sebagai
suatu alat. fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum
yang terdapat dalam suatu perusahaan-perusahaan ataupun organisasi tertentu.
6) Database : Database adalah koleksi “data
operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu
organisasi.
o Data input adalah data yang masuk dari luar system
o Data output adalah data yang dihasilkan system
o Data operasional adalah data yang tersimpan pada
sistem
7) Informasi : Pengertian informasi adalah data yang
telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa
fakta, suatu nilai yang bermanfaat.
5.
Sebut dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai
manajemen mutu !
Jawab :
1. Kenali pemakai Sistem Informasi
2. Tentukan kebutuhan mutu pemakai
3. Buat ukuran mutu
4. Tentukan strategi mutu Sistem Informasi
5. Terapkan program mutu Sistem Informasi
6. Pantau kriteria mutu Sistem Informasi
Sumber :
Comments
Post a Comment