Sistem Informasi Manajemen 1 Minggu Keempat

1.      Sebutkan dan jelaskan Properti Sistem yang memberikan Keamanan untuk sebuah system !
Jawab :
Ada beberapa pelayanan dari keamanan system :
a.       Privacy / confidentiality;
Proteksi data [pribadi] yang senstif:
Nama, ttl, agama, hobby, penyakit yang pernah diderita, status perkawinan.
Data pelanggan;
Sangat sensitif dalam e-commerce, dan healthcare
Serangan : sniffer.

b.      Integrity;
Informasi tidak berubah tanpa izin (tampered, altered, modified)
Serangan : spoof, virus, trojan horse
c.       Authentication;
Menyakinkan keaslian data, sumber data, orang yang mengakses data, server yang digunakan. Dfasilitasi dengan penggunaan digital signature, biometrics;
Serangan : password palsu.

d.      Availability;
Informasi harus dapat tersedia ketika dibutuhkan
Serangan : Denial of service (DoS) attack, dalam bentuk antara lain Server dibuat hang, down, atau crash.

e.       Non-repudiation;
Tidak dapat menyangkal (telah melakukan transaksi) :
o   Menggunakan digital signature
o   Perlu pengaturan masalaha hukum
f.       Access control.
Mekanisme untuk mengatur siapa boleh melakukan apa :
o   Biasanya menggunakan password
o   Adanya kelas / klasifikasi

2.      Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada komputer yang ada didalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan Area control untuk komunikasi data !
Jawab :
Komunikasi Data (Data Communication)
            Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada didalam suatu ruangan.
Area kontrol ini terdiri dari:
o   Kontrol pengiriman pesan.
o   Kontrol saluran (channel) komunikasi.
o   Kontrol penerimaan pesan.
o   Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh


3.      Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype (prototyping), Sebut dan Jelaskan jenis – jenis prototype !
Jawab :
            Prototyping adalah salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja. Prototyping adalah bentuk dasar atau model awal dari suatu sistem atau bagian dari suatu sistem.Prototyping adalah proses pengembangan model awal tersebut untuk digunakan terlebih dahulu dan ditingkatkan terus menerus sampai didapatkan sistem yang utuh, artinya sistem akan dikembangkan lebih cepat daripada metode tradisional dan biayanya menjadi lebih rendah. Tujuan dari Prototyping ialah untuk memperkecil resiko rekayasa-ulang proses bisnis. Bila tidak mungkin dibuat prototipe-nya, maka dengan inovasi bertahap, sedemikian rupa sehingga manajemen dapat memimpin melalui serangkaian perubahan yang layak.  Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya.
Terdapat dua macam prototype, yaitu:
1)      Prototype yang akan dikembangkan menjadi system operasional, bentuk ini sering disebut sebagaievolutionary protoyipe.
2)      Prototype yang hanya akan menjadi cetak biru (blue print) dari system yang dikembangkan, bentuk ini sering disebut sebagai throwaway prototype.
            Manfaat digunakannya prototype adalah membuat pengembang sistem dan pemakai mempunyai ide tentang bagaimana bentuk akhir dari sistem akan bekerja. Adapun kegiatan menghasilkan prototypedisebut juga dengan prototyping.

4.      Sebut dan Jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
Jawab :
 Jenis – jenis sumber daya informasi perusahaan :
1)      Hardware : Perangkat Keras ( Hardware ) dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik.
2)      Software : Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
3)      Spesialis Informasi : Perusahaan-perusahaan yang menggunakan komputer menyadari perlunya membentuk unit-unit organisasional tersendiri yang terdiri dari para spesialis yang bertanggung jawab menerapkan sistem. Para spesialis informasi (information specialist) adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.
4)      Pemakai : Pemakai terdiri dari pemakai awam (end user) dan administrator system.
End-user : pemakai awam/umum yang hanya dapat mengoperasikan.
Administrator Sistem : Sistem administrator itu adalah Orang yang menjaga proses berjalannya sistem mencangkup tugas sehari-hari seperti proses backup, mengganti perangkat komputer dan tugas lainnya.
5)      Fasilitas : Fasilitas adalah prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Fasilitas bisa pula dianggap sebagai suatu alat. fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum yang terdapat dalam suatu perusahaan-perusahaan ataupun organisasi tertentu.
6)      Database : Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
o   Data input adalah data yang masuk dari luar system
o   Data output adalah data yang dihasilkan system
o   Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
7)      Informasi : Pengertian informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat.

5.      Sebut dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !
Jawab :
1.      Kenali pemakai Sistem Informasi
2.      Tentukan kebutuhan mutu pemakai
3.      Buat ukuran mutu
4.      Tentukan strategi mutu Sistem Informasi
5.      Terapkan program mutu Sistem Informasi
6.      Pantau kriteria mutu Sistem Informasi



Sumber :





Comments

Popular posts from this blog

Tugas Softskill Penulisan Jurnal

2.1 Definisi dan Simbol-Simbol Dasar Flowchart

PENGERTIAN SISTEM DAN CONTOH SISTEM