Perkembangan Teknologi Di Dunia Perbankan
Sejarah Singkat Perbankan di Indonesia
Salah satu sektor yang
paling dramatis terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi adalah perbankan. Sebelumnya mari kita lihat kilas balik dan
perkembangan terkini mengenai perbankan Indonesia. Setelah lebih dari
seperempat abad terhitung dari deregulasi pada tahun 1983, perbankan Indonesia
telah mengalami berbagai gonjang-ganjing yang sangat mempengaruhi perekonomian
Indonesia. Titik nadir perbankan sendiri terjadi menjelang krisis multidimensi
yang terjadi pada tahun 1997 yang dikenal sebagai krisis moneter.
Bank adalah sebuah
lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk
menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang
dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca yang
berarti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut Undang-undang Negara Republik
Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang
dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat
dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit
dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat
banyak.
Sejarah perbankan
di Indonesia tidak terlepas dari zaman
penjajahan Hindia Belanda. Pada masa itu De
javasche Bank, NV didirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828 kemudian menyusul Nederlandsche
Indische Escompto Maatschappij, NV pada tahun 1918 sebagai
pemegang monopoli pembelian hasil bumi dalam negeri dan penjualan ke luar
negeri serta terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia
Belanda.Di Indonesia, praktek perbankan sudah tersebar sampai ke pelosok
pedesaan. Lembaga keuangan berbentuk bank di Indonesia berupa Bank
Umum, Bank Perkreditan Rakyat(BPR), Bank
Umum Syariah, dan
juga Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).
Perkembangan perbankan
yang semakin dinamis dan kompleks membuat otoritas moneter berusaha membuat
Arsitektur Perbankan Indonesia ( API ). Dengan adanya API, Bank Indonesia
secara bertahap berkeinginan untuk menerapkan praktik - praktik terbaik
internasional yang tercakup dalam 25 prinsip pokok basel untuk pengawasan
perbankan yang efektif ( Basel Core Principles for Effective Banking
Supervision ) sehingga dalam jangka waktu lima tahun kedepan diharapkan
Indonesia telah sejajar dengan negara-negara lain yang telah terlebih dahulu
menerapkan prinsip tersebut.
Jaringan
Komputer pada Dunia Perbankan
Jaringan
Komputer pada Dunia Bisnis, Perbankan, dan Mobile Jaringan komputer adalah
sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam
satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel
sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen
dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan
hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau
periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer
dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Dalam dunia
perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah
strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses
inovasi produk dan jasa seperti :
·
Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile
maupun via teller.
·
Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang
secara cash secara 24 jam.
·
Penggunaan Database di bank – bank.
·
Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan
Kantor Pusat Bank.
Pada dunia
mobile user, jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel disebut juga
dengan istilah jaringan wireless yang
semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Hal ini disebabkan karena
kemudahan dari sistem wireless yang semakin mengurangi pengunaan teknologi
kabel (wire) sebagai media untuk melalukan komunikasi data.
Implementasi Jaringan Komputer Dalam Dunia Perbankan
Dalam
dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan
mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam
proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction
(e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan
bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual
menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.
Penerapan Teknologi Komputer Di Dunia Bisnis Perbankan
Baik Di Jaman Dulu Dan Sekarang
Sejarah
perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan ke zaman Yunani Kuno dan
Romawi. Pada saat itu, kegiatan utama bank hanya sebagai tempat tukar menukar
uang. Selanjutnya, kegiatan bank berkembang menjadi tempat penitipan dan
peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh bank dipinjamkan
kembali ke masyarakat yang membutuhkannya.
Perkembangan Bank
Kemudian
dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan operasional perbankan berkembang lagi
menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang ini kegiatan simpanan.
Berikutnya kegiatan perbankan bertambah dengan kegiatan peminjaman uang. Uang
yang disimpan oleh masyarakat, oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada
masyarakat yang membutuhkannya. Jasa-jasa bank lainnya menyusul sesuai dengan
perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.
Perkembangan Teknologi Informasi Kompter Perbankan
Semakin
majunya teknologi di dunia transaksi perbankan pun mulai menggunakan teknologi
berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya
melayani nasabah dengan harus bertemu/nasabah datang ke cabang-cabang bank yang
disediakan oleh bank yang dia gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih
mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang
sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan mobile "Smartphone"
dengan SMS sudah banyak diterapkan bank. Dalam dunia perbankan, perkembangan
teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan
menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa
seperti :
·
Transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via
teller.
·
ATM ( Auto
Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
·
Penggunaan Database di bank – bank.
·
Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan
Kantor Pusat Bank.
Dengan
adanya jaringan komputer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih
hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference. Sedangkan di rumah
dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting),
dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file.
Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan
internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang
memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya. Pada dunia
perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah
strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses
inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction
(e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan
bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual
menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.
Penerapan Teknologi Komputer Di Dunia Bisnis Perbankan
Di
era globalisasi ini, kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari arus
komunikasi dan informasi telah menjelma menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam
persaingan global yang semakin kompetitif. kehadiran internet sebagai sebuah
fenomena kemajuan teknologi menyebabkan terjadinya percepatan globalisasi dan
lompatan besar bagi penyebaran informasi dan komunikasi di seluruh dunia. Peran
teknologi dalam dunia perbankan sangatlah mutlak, dimana kemajuan suatu sistem
perbankan sudah barang tentu ditopang oleh peran teknologi informasi. Semakin
berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan perbankan untuk memudahkan
pelayanan, itu berarti semakin beragam dan kompleks adopsi teknologi yang
dimiliki oleh suatu bank. Tidak dapat dipungkiri, dalam setiap bidang termasuk
perbankan penerapan teknologi bertujuan selain untuk memudahkan operasional
intern perusahaan, juga bertujuan untuk semakin memudahkan pelayanan terhadap
customers. Apalagi untuk saat ini, khususnya dalam dunia perbankan hampir semua
produk yang ditawarkan kepada customers serupa, sehingga persaingan yang
terjadi dalam dunia perbankan adalah bagaimana memberikan produk yang serba
mudah dan serba cepat. Kegunaan komputer di bidang perbankan untuk menghasilkan
informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan
pelayanan kepada pihak nasabah bank Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka
pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM
kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan
pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING. Pesatnya
perkembangan teknologi itu telah membentuk masyarakat informasi internasional, termasuk
di Indonesia. Sehingga satu sama lain menjadikan belahan dunia ini menjadi
sempit dan berjarak pendek. Berbisnis pun begitu mudahnya, seperti membalikkan
telapak tangan. Sehinngga diperlukan pembentukan hukum baru yang melibatkan
berbagai aspek. Misalnya dalam hal pengembangan dan pengakuan hukum terhadap
dokumen serta tandatangan elektronik, perlindungan dan privasi konsumen, cyber
crime, pengaturan konten dan cara-cara menyelesaikan sengketa domain. Salah
satu bank yang paling mutakhir dengan teknologi hi-end nya adalah BCA, dimana
dengan asset teknologi mutakhir yang dimilikinya BCA mampu menjadi leader dalam
hal pelayanan e-banking. Dengan jumlah ATM terbesar yang dimilikinya, fasilitas
internet banking, dll. Padahal ukuran kecanggihan sebuah teknologi perbankan
tidak hanya dilihat dari coverage ATM-nya semata, tapi seharusnya dilihat pada
data centernya, khususnya di aplikasi core bankingnya. Memang kendala yang
dihadapi oleh dunia perbankan adalah kompleks dan mahalnya teknologi informasi,
karena sebagian besar teknologi ini masih disupplay oleh vendor-vendor luar
negeri. Tetapi bila lihat sekarang, banyak vendor-vendor pribumi yang berani bersaing
dalam teknologi informasi ini. Jadi kenapa kita tidak memakai vendor-vendor
pribumi untuk menanamkan teknologi informasi tersebut dalam dunia
perbankan.
Hal ini menjadi
tuntutan bagi perbankan karena mau tidak mau suatu korporasi yang mempunyai ruang
lingkup kerja yang luas ditambah dengan operasional-operasional yang sangat
banyak harus ditunjang dengan suatu teknologi untuk memudahkan, mengefisienkan
dan mengefektifkan kinerja tersebut. Apalagi dalam dunia perbankan dibutuhkan
suatu informasi yang up to date bagi pihak manajemen menengah ke atas untuk
memprediksikan langkah bisnis yang akan diambil sehingga berbagai kendala yang
mungkin muncul dapat teratasi.
Melalui
penggunaan internet sebagai sarana pertukaran informasi di bidang komunikasi, maka
waktu dan tempat bukanlah menjadi penghalang untuk melakukan transaksi
perbankan. Oleh karenanya, internet banyak dipergunakan dalam kegiatan
perbankan di berbagai negara maju, sebagai alat untuk mengakses data maupun
informasi dari seluruh penjuru dunia. Electronic Fund Transfer (EFT) merupakan
salah satu contoh inovasi dari penggunaan teknologi internet yang mendasar
dalam Teknologi Sistem Informasi (TSI) di bidang perbankan.
Contoh dari
produk-produk EFT antara lain meliputi Anjungan Tunai Mandiri (ATM), electronic
home banking (biasa disebut sebagai internet banking), dan money transfer
network.
Kejahatan internet banking juga merupakan
salah satu bentuk kejahatan di dalam dunia maya atau disebut sebagai cyber
crime di bidang perbankan. Namun masyarakat sering salah kaprah. Internet
banking sering dikatakan canggih karena memungkinkan akses perbankan dari
manapun. Padahal jika dilihat dari arsitektur sistem perbankannya, E-Banking
hanyalah salah satu channel dari banyak channel untuk transaksi perbankan
semisal EDC (electronic data )
sumber :
ReplyDeleteApakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kem***-m*** tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]
ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D
ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND
ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D
DAN D*** GHOIB